Selasa, 23 April 2013

16. Dapat menjelaskan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap yang benar serta dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara ( SKU GALANG BARU)



16.    Dapat menjelaskan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap yang benar serta dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara

Sejarah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
1.  Indonesia Raya sebelum 17 Agustus 1945
    a.  Lagu    kebagsaan    Indonesia   Raya  adalah   ciptaan  komponis    muda    Indonesia   bernama  Wage Rudolf Supratman.
    b.  Almarhum Wage Rudolf Supratman adalah serang guru dan juga menjadi wartawan surat  kabar    “Kaoela   Moeda”    dan   pengarang   buku.   Sejak  kecil.  Supratman   gemar   sekali bermain biola. Wage Rudolf Supratman adalah putra seorang Sersan Instruktur Masenen Sastro Soehardjo. Supratman   dilahirkan   di   Jatinagara   pada   tanggal   9   Maret   1903   dan   meninggal   dunia   pada malam Selasa tanggal 16 Agustus 1938 di Surabaya. Semangat nasionalismenya telah mengisi seluruh jiwa Supratman pada waktu itu, semanat ini berwujud     kemauan    menciptakan    lagu  kebangsaan.    Akhirnya   ia  dapat  menciptakan    lagu Indonesia Raya. Lagu Indonesia Raya itu dipersembahkan oleh Supratman kepada masyarakat dalam Kongres Pemuda  Indonesia  tanggal  28   Oktober   1928   di  Gedung   Indonesieche   Club, Jalan   Keramat Raya No. 106 Jakarta.
    c.  Sejak   itu pada tiap-tiap pertemuan Pemuda Indonesia selalu dibuka dan ditutup dengan lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan.
    d.  Pada zaman penjajahan,   lagu Indonesia Raya  sering dilarang dan dihalang-halangi oleh Pemerintah Belanda dan suatu ketika diizinkan lagi oleh pemerintah Jepang di Indonesia untuk dinyanyikan kembali.

2.  Lagu Indonesia Raya sesudah 17 Agustus 1945
    a.  Setelah   proklamasi,    lagu  Indonesia   Raya  ditetapkan   sebagai   lagu  kebangsaan.   Lagu kebangsaan   ini   merupakan   sublimasi   pengorbanan   perjuangan   rakyat   untuk   mengusir penjajah dan mempertahankan serta menegakkan kemerdekaan.
    b.  Dala   UUDS   RI    1950   pasal   3  ayat  2,  lagu   Indonesia   Raya   ditetapkan   dengan   resmi sebagai lagu kebangsaan Indonesia.

Peraturan Penggunaan Lagu Indonesia Raya
1.  Lagu    kebangsaan    Indonesia   Raya   diatur  dengan    PP  No.   44  tahun   1958   tentang  lagu Kemerdekaan Indonesia Raya meliputi:
    a.  Ketentuan umum
    b.  Penggunaan Lagu Kebangsaan
    c.  Penggunaan Lagu Kebangsaan bersama-sama dengan lagu kebangsaan asing
    d.  Penggunaan Lagu Kebangsaan asing sendiri
    e.  Tata tertib dalam penggunaan lagu kebangsaan
    f.  Pasal 1 Bab I PP No. 44 tahun 1958, berbunyi:
        “….   Lagu   Kebangsaan   RI   Raya   selanjutnya   disebut   “Lagu   Kebangsaan”   ialah  Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.
2.  Lagu kebangsaan tersebut dan kata-katanya ialah seperti tertera pada lampiran-lampiran PP
    ini….”.
    Pasal 4 Bab II PP No. 44 tahun 1958, berbumyi:
    “…. (1) Lagu Kebangsaan diperdengarkan/dinyanyikan:
    a.  Untuk menghormati Kepala Negara/Wakil Kepala Negara
    b.  Pada    waktu   penaikan/penurunan     bendera   kebangsaan    yang   diadakan   dalam   upacara, untuk menghormati bendera itu.
    c.  Untuk menghormati kepala negara asing.

    Pasal 5 Bab II PP No. 44 tahun 1958, berbumyi:
         “…. Dilarang:
 Menggunakan Lagu Kebangsaan untuk reklame dalam bentuk apapun
Ø         
 Menggunakan   bagian-bagian   daripada   lagu   kebangsaan   dalam   gubahan   yang   tidak  sesuai dengan kedudukan Lagu Indonesia Raya sebagai Lagu Kebangsaan”.
    Pasal 9 Bab V PP No. 44 tahun 1958, berbumyi:
     “…. Pada waktu lagu kebangsaan diperdengarkan/dinyanyikan pada kesempatan-kesempatan dimaksud dalam peraturan ini maka orang yang hadir berdiri tegak di tempat masing-masing. Mereka   yang   berpakaian  seragam  dari  suatu organisasi   memberi  hormat   dengan  cara   yang telah   ditetapkan    untuk   organisasinya.    Mereka    yang   tidak  berpakaian    seragam    memberi hormat dengan meluruskan lengan ke bawah dan meletakan telapak tangan dengan jari rapat pada   paha,  sedang   penutup   kepala   harus   dibuka,   kecuali   kopiah,   ikat   kepala,   sorban,   dan kerudung atau topi. warna yang dipakai menurut agama atau adat kebiasaan …..”.
3.   Setiap anggota GP berkewajiban untuk menghayati, melaksanakan dan mentaati PP No. 44
    tahun 1958 tentang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar